Seminar Sinergi Terapi Tradisional Dengan Tinjauan Ilmiah

Terdapat beberapa metode pengobatan yang berkembang di dunia. Secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua jenis metode, yaitu metode pengobatan modern (kedokteran modern) dan pengobatan alamiah. Pengobatan modern kini semakin berkembang yang ditunjukkan dengan semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kedokteran modern. Sementara itu, pengobatan alamiah juga mengalami tren peningkatan saat ini, tidak hanya di Indonesia namun juga di negara-negara lain. Salah satu jenis metode pengobatan alamiah saat ini adalah terapi bekam. Terapi ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dan berkembang di negara-negara Timur Tengah. Kini metode pengobatan ini berkembang hampir ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Dalam pengobatan modern, metode terapi oksidan juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti tekanan darah (tinggi dan rendah), infeksi pembuluh jantung, meringankan penyakit angina pektoris, infeksi selaput pembuluh jantung, penyakit paru-paru (asma, bronchitis, flek dan lain-lain) dan penyakit batang tenggorokan (tiroid, amandel). Selain itu juga penyakit pusing kepala (vertigo, migrain), mata, rheumatik akut,kista/miom, semua jenis kanker dan tumor, alergi kulit (jerawat, gatal-gatal,dan lain-lain), stroke, gangguan reproduksi (sulit keturunan), sinusitis, berbagai macam penyakit perut dan leher dan berbagai penyakit lainnya. Kelebihan metode pengobatan ini adalah tidak menimbulkan efek samping yang negatif sebab tidak menggunakan obat-obatan kimia (Pusponegoro,2009).

Penduduk Indonesia yang berjumlah kurang lebih 240 juta mayoritas umat islam yang meyakini bahwa Al-Quran dan Al-Hadits adalah pedoman yang digunakan dalam hidupnya. Mereka meyakini segala sesuatu yang telah tercantum di dalam Al- Quran dan Al-Hadits tidak bisa dibantah lagi kebenarannya dan hal tersebut akan diikuti, seperti bagaimana berperilaku sehari-hari yang sesuai dengan tuntutan agama dan ajaran Rasulullah SAW, salah satunya adalah cara pengobatan yang dilakukan oleh Nabi yaitu bekam.

Adapun hukum bekam dalam undang-undang kesehatan termasuk dalam pelayanan pengobatan tradisional. Hukum bekam memiliki dasar hukum dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.36 Tahun 2009 tentang kesehatan yang mengatur pelayanan kesehatan tradisional. Pasal dalam undang-undang tersebut yang berkaitan dengan hukum bekam atau pelayanan kesehatan tradisional diantarnya ialah pasal 1, 48, 59, 60 dan 61. Pada pasal 1 ayat 16 yang menyebutkan bahwa “Pelayanan Kesehatan Tradisional adalah pengobatan dan atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun temurun secara empiris yang dapat dipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Maka dari itu kami ingin menambahkan pengetahuan masyarakat khususnya mahasiswa dan tenagan kesehatan tentang penyakit-penyakit yang sedang terjadi di masyarakat. Dari banyaknya keluhan dimasyarakat maka kami berinisiatif untuk mengangkat seminar dengan judul Sinergi Terapi Tradisional dengan Tinjauan Ilmiah yang dimana dengan adanya seminar tesebut dapat membantu masyarakat dan tenaga kesehatan agar menambah pengetahuan dan wawasan dalam pengobatan tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *