Pelatihan Basic Trauma Cardiac & Life Support

         

Kegawatdaruratan dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja. Upaya mengatasi kegawatdaruratan pada penyelamatan jiwa (life saving) dengan mempertimbangkan waktu, tantangannya adalah nyawa.

Kecepatan pemberian pertolongan akan sangat berpengaruh kepada keselamatan jiwa pasien, atau dengan kata lain, apabila pertolongan terlambat diberikan akan berakibat kematian.

Sebagian masyarakat awam telah mengetahui, memahami bahkan ada yang mampu memberikan pertolongan pertama bagi penderita sebelum membawa ke tempat pelayanan kesehatan, apalagi perawat sebagai petugas kesehatan sangat dituntut untuk lebih mampu dari mereka.

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan perawat dalam menangani kasus kegawatdaruratan maka diperlukan peningkatan profesionalisme perawat dalam melakukan penanggulangan penderita yang mengalami kondisi kegawatdaruratan.

Untuk mencapai tujuan tersebut diharapkan melalui Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support, dari pelatihan tersebut dapat diperoleh penguasaan materi dan keterampilan sebagai bekal dalam memberikan pertolongan pada penderita/pasien dengan kondisi kegawatdaruratan.

 

Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support merupakan pelatihan yang bertujuan untuk menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan atau gangguan sirkulasi pada sistim kardio-pulmonar.

Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan jiwa dan meminimalisir kerusakan organ serta mengurangi angka kematian dan kecacatan penderita. Kurikulum yang dikembangkan meliputi 3 tingkat kompetensi yaitu Basic, Intermediate dan Advance.

Keperawatan Gawat Darurat Basic merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh semua perawat terutama di sarana kesehatan, sedangkan Intermediate dan Advance merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh perawat yang bekerja di Unit Gawat Darurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *